Total Tayangan Halaman

Jumat, 12 November 2010

Tugas Ekonomi Koperasi (TOSIS)


LILIS ISTIQOMAH 2EB16 (25209340)
TOSIS berdiri pada tahun 2007, TOSIS adalah nama koperasi disekolah MAAI (Madrasah  Aliyah Agama Islam) yang terletak di daerah Cirebon kabupaten Astanajapura. Berdirinya TOSIS karena sebuah usulan dari anggota OSIS dan kepala sekolahpun setuju atas adanya TOSIS tersebut yang masih ada hingga sekarang. Karena dengan adanya kopersasi tersebut, sekolah mendapatkan penghasilan, penghasilan TOSIS tidak lain yaitu dananya untuk membantu kegiatan OSIS dan Ekstrakulikuler lainnya, dan memudahkan muridnya untuk membeli barang yang ada di koperasi tersebut, tanpa perlu keluar gerbang sekolah. Adapun barang yang di jual yaitu diantaranya, alat tulis, buku, minuman, makanan ringan, dan peralatan sekolah lainnya.
Koperasi TOSIS ini diolah oleh anggota OSIS itu sendiri, tidak lain yaitu murid sekolah tersebut. Memang tidak banyak barang yang dijual, tetapi banyak keuntungannya dari adanya koperasi tersebut, selain mendapatkan pengasilan, siswa pun bisa bekerjasama dalam mengolah koperasi tersebut, dan mendapatkan pengalaman bagaimana mengolah sebuah kopersi yang ada di lingkungan sekolah yg bisa disebut juga kopersi sekolah.
Adapun fungsi koperasi sekolah yaitu :
1.      Menunjang program pembangunan pemerintah di sektor perkoperasian melalui program pendidikan sekolah.
2.      Menumbuhkan kesadaran berkoperasi di kalangan siswa.
3.      Membina rasa tanggung jawab, disiplin, setia kawan, dan jiwa koperasi.
4.      Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan berkoperasi, agar kelak berguna di masyarakat.
5.      Membantu kebutuhan siswa serta mengembangkan kesejahteraan siswa di dalam dan luar sekolah.
Dengan demikian, tujuan pembentukannya tidak terlepas dari tujuan pendidikan dan program pemerintah dalam menanamkan kesadaran berkoperasi sejak dini. Pendirian Koperasi Sekolah Koperasi sekolah diharapkan menjadi sarana bagi pelajar untuk belajar melakukan usaha kecil-kecilan, mengembangkan kemampuan berorganisasi, mendorong kebiasaan untuk berinovasi, belajar menyelesaikan masalah, dan sebagainya.Untuk itu dalam mendirikan koperasi sekolah, diperlukan pertimbangan-pertimbangan agar selaras dengan apa yang diharapkan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar